Cara Merawat Hardisk Laptop

Posted on

Cara Merawat Hardisk Laptop Agar Awet dan Tahan Lama – Hard drive adalah salah satu komponen penting dalam PC dan laptop yang fungsinya untuk menyimpan data.

Meskipun sekarang ada SSD yang bisa dikatakan lebih cepat, hard disk masih menjadi salah satu media penyimpanan paling favorit saat ini.

Dan sebagai komponen elektronik, HDD akan rusak seiring dengan penggunaannya. Dari waktu ke waktu, kesehatan hard drive akan menurun dan akhirnya menjadi sektor yang buruk.

Walaupun hard drive akan rusak suatu hari, tidak berarti anda tidak harus melakukan maintenance atau perawatan.

Dengan melakukan perawatan yang baik, Anda bisa menjaga kesehatan hardisk anda agar tidak cepat berkurang dan akhirnya rusak.

Ini dapat memperpanjang usia HDD dan membuatnya lebih tahan lama dibandingkan yang tidak dirawat dengan benar.

Cara Merawat Hard Drive PC Laptop agar Tahan Lama

Cara Merawat Hardisk Laptop

Mau tahu apa saja tipsnya? Berikut ini merupakan cara merawat hardisk laptop agar tahan lama yang harus anda ketahui.

Baca Juga: Cara Memindahkan Foto iPhone ke Laptop

1. Matikan Perangkat PC Laptop dengan Benar

Cara pertama adalah memperhatikan cara mematikan perangkat Anda. Pastikan Anda melakukannya dengan cara yang benar sesuai prosedur. Inilah yang sering diabaikan oleh banyak pengguna.

Mematikan perangkat yang tidak sesuai dengan prosedur seperti mencabut PC dari sumber listrik secara tiba-tiba akan membuat berbagai komponen di dalamnya menjadi cepat rusak.

Cara yang disarankan adalah menurut prosedur yang mematikan dulu dan tunggu sampai dia benar-benar mati.

2. Gunakan Laptop di Tempat yang Tepat

Gunakan Laptop di Tempat yang Tepat

Banyak orang suka menggunakan laptop saat di tempat tidur dan kami yakin anda juga sering melakukan nya. Tanpa anda sadari, kelakuan buruk ini bisa menjadi penyebab perangkat anda menjadi lebih cepat rusak.

Artikel Lainnya :   Cara Mengakses Deep Web

Mengapa? Pikirkan saja, kalau Anda menggunakan laptop di atas kasur atau bantal, maka udara panas tidak akan bisa keluar secara maksimal.

Akibatnya, laptop menjadi cepat panas dan akhirnya terlalu panas. Dan komponen internal seperti hard drive akan dipengaruhi oleh panas yang berlebihan.

Gunakan laptop Anda pada benda yang tidak menyumbat sirkulasi udara panas. Sehingga suhu perangkat bisa dijaga dengan baik tanpa takut kepanasan.

3. Jangan Membuat Terlalu Banyak Partisi

Umumnya, hard drive yang memiliki kapasitas besar akan dibagi menjadi beberapa partisi. Ini bertujuan untuk memisahkan dan membuatnya lebih mudah untuk mengatur file yang berbeda.

Misalnya, kami memisahkan sistem file dengan data pribadi sehingga tidak tercampur.

Cara yang satu Ini sudah terbukti efektif, tetapi direkomendasikan untuk tidak mengcreat partisi yang terlalu banyak pada HDD. Ini akan membuat fragmen hard disk juga terbagi dan mengganggu proses baca writenya.

Disarankan untuk membagi HDD menjadi 2 atau 3 partisi agar tetap optimal.

4. Simpan Data yang Cukup dan Jangan Berlebihan

Hard drive berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data. Namun, tidak disarankan untuk menyimpan data berlebihan untuk mengisi hard drive.

Ini akan membuat kinerja menjadi lebih berat dan akhirnya bad sector buruk. Cobalah untuk menjaga beberapa kapasitas agar HDD dapat bekerja dengan santai.

Jika Anda memiliki lebih banyak data untuk disimpan, gunakan penyimpanan eksternal lainnya.

5. Hapus file Cache Secara Rutin

Dengan penggunaan hard drive dari waktu ke waktu, itu akan membuat file sampah di alias yang tidak berguna.

Ini dapat berasal dari berbagai proses yang terjadi atau mungkin file yang tidak lagi diperlukan. Sangat penting untuk membersihkan file secara teratur.

Artikel Lainnya :   Video Call WhatsApp di Laptop

Ini akan membebaskan beberapa ruang, menjadikan kinerja HDD lebih ringan.

6. Jangan Biarkan Hard Drive Berlebihan

Ini merupakan kelanjutan dari hal di atas. Ketika perangkat PC atau laptop digunakan, tentu saja ia akan menghasilkan panas dari kinerjanya.

Tetapi telah dirancang untuk dapat membuat suhu keluar dengan benar sehingga tidak membuat perangkat memanas dengan cepat.

Sekarang jika sirkulasi udara terganggu, itu dapat membuat komponen dalam hard drive atau prosesor terlalu panas. Jika ada panas yang berlebih tentu akan membuat usia komponen jadi lebih pendek dan mudah rusak.

Selain itu, gunakan hanya peralatan yang wajar dan jangan memaksakan kinerja di luar kemampuannya.

7. Defrag Hard Drive Secara Teratur

Seiring dengan penggunaannya setiap hari, kemampuan hard drive akan menurun seiring waktu. Defrag adalah upaya untuk mempertahankan kemampuan baca dan tulis dari HDD sehingga sedikit meningkat.

Dengan melakukannya secara rutin, tentu saja kesehatan HDD akan lebih terjaga dan tidak mudah rusak. Ini juga dapat mencegah sektor buruk terjadi karena banyak data dapat terakumulasi dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Hang

8. Lakukan Pembersihan Rutin Harddisk

Untuk tips lebih lanjut, ini hanya disarankan bagi mereka yang sudah tahu caranya. Atau jika tidak, mintalah bantuan dari ahli.

Dengan penggunaannya setiap hari, tentu saja akan ada debu atau kotoran di hard disk.

Jika Anda rutin melakukan pembersihan, maka itu bisa membuat kinerja menjadi lebih ringan.

Tetapi sekali lagi ingatlah bahwa Anda harus berhati-hati. Jangan sampai niat bersih-bersih malah merusak karena salah langkah.

9. Hindari Perangkat Dari Benturan Keras

Sebagai perangkat elektronik, tentu saja laptop atau PC sangat rentan terhadap benturan. Terutama jika laptop jatuh, itu dapat menyebabkan kerusakan tidak hanya pada hard drive tetapi juga komponen lainnya.

Artikel Lainnya :   Cara Login Whatsapp di PC

Dan seperti yang telah dijelaskan di atas, tidak disarankan bagi PC untuk langsung dipotong tanpa mematikannya terlebih dahulu.

10. Selalu Memberikan Antivirus Terbaik untuk Perangkat Anda

Antivirus Terbaik

Antivirus bisa dibilang perangkat lunak yang harus diinstal pada setiap laptop dan komputer. Aplikasi ini akan melindungi perangkat kami dari virus atau malware yang berpotensi merusak file pada hard disk.

Tanpa perlindungan dari antivirus, risiko kerusakan akan semakin besar. Gunakan perangkat lunak populer seperti Avast, Smadav, atau lainnya.

Baca Juga: Cara Mengkalibrasi Baterai Laptop

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Cara Merawat Hardisk Laptop Agar Awet dan Tahan Lama, semoga dapat membantu anda dalam merawat harddisk laptop agar tahan lama.

Terima kasih telah membaca artikel kami dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya.

Marko
Suka berbagi pengalaman, apalagi dalam dunia game semoga bermanfaat